Rabu, 22 Februari 2012

Gangguan sistem organ pada pernafasan dan peredaran darah


I. Gangguan pada system pernafasan
1.1  Influenza (Flu )
Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang ditimbulkan antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin- bersin, dan tenggorokan terasa gatal.
 
sumber: google



1.2  Asma (Sesak napas )
Merupakan suatu penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan alergi terhadap rambut, bulu, debu, atau tekanan psikologis. Asma bersifat menurun.
 
sumber: google

1.3  Tuberkulosis (TBC )
Penyakit paru- paru yang diakibatkan serangan bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Difusi oksigen akan terganggu karena adanya bintil- bintil atau peradangan pada dinding alveolus. Jika bagian paru- paru yang diserang meluas, sel- selnya mati dan paru- paru mengecil. Akibatnya napas penderita terengah- engah.
 sumber: google
1.4  Kanker paru-paru
Kanker paru-paru. Penyakit ini merupakan salah satu yang paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali.
   sumber: google
Penyakit ini lamakelamaan dapat menyerang seluruh tubuh. Salah satu pemicu kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok. Merokok dapat memicu terjadinya kanker paru-paru dan kerusakan paru-paru.
1.5  Bronkhitis
Bronkhitis, merupakan gangguan pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Gejalanya adalah penderita mengalami demam dan menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. Akibatnya penderita mengalami sesak napas.
 sumber: google


II. Gangguan pada system peredaran darah
1.1 Anemia
Gangguan ini disebabkan rendahnya kadar Hb (hemo globin) dalam darah. Ciri-ciri penderitanya adalah mudah lelah dan se ring merasa pusing.
 sumber: google

1.2 Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)
Gangguan ini disebabkan terjadinya penurunan tekanan darah.
 sumber: google
1.3 Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Gangguan ini disebabkan naiknya tekanan darah yang diakibatkan penyempitan pembuluh darah.
 sumber: google
1.4 Kanker Darah (Leukemia)

Penyakit ini disebabkan sel-sel darah putih yang memper banyak diri tanpa terkendali yang mengakibatkan sel darah putih ini memakan sel darah merah. sumber: google
1.5 Hemofilia
Penyakit ini disebabkan sel-sel darah putih yang memper banyak diri tanpa terkendali yang mengakibatkan sel darah putih ini memakan sel darah merah. Gangguan ini disebabkan adanya kelainan yang menye babkan darah sulit membeku jika terjadi luka. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan.


 sumber: google


1.6  Talasemia
            Pada penyakit ini, bentuk sel darah merahnya tidak beraturan. Hal ini menyebabkan daya ikat sel darah merah terhadap oksigen dan karbon dioksidanya berkurang.


 sumber: google
 Usaha-usaha pencegahan terhadap gangguan alat peredaran darah ialah dengan melakukan pola hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar